Selasa, 22 September 2015

"1st Anniversary "JAMKESWATCH"

Tanggal 23 september 2014,tepatnya 1 tahun silam Jamkeswatch khususnya bekasi berdiri. Pada saat itu hanya beberapa relawan yg bisa mengaktifkan jamkeswatch.
JAMKESWATCH didirikan oleh buruh FSPMI yg dibina oleh bung OBON TABRONI.Dan dibekasi sendiri untuk pengurus Jamkeswatch bekasi adalah bung HENUT HENDRO
(ketu Puk Enkei).
Dan direktur ADVOKASI  Jamkeswatch adalah bung ADE LUKMAN
(EKS BURUH ).Dana operasional Jamkeswatch berasal dari relawan sendiri dan beberapa dari rekan2 buruh PUK.

Jamkeswatch sendiri adalah organisasi yg didirikan oleh FsPMi untuk membantu mensosialisikan BPJS KESEHATAN.

Fungsi didirikannya JAMKESWATCH adalah sebagai pendamping masyarakat umum pada saat kesulitan masuk rumah sakit untuk berobat apalagi kondisi darurat.

Adanya JAMKESWATCH sendiri,banyak kasus ataupun penyimpangan pihak rumah sakit,dikarenakan menolak,atau menghambat warga miskin,untuk berobat.padahal amanah uu sudah jelas,bahwasannya warga miskin apalagi sudah mempunyai kartu BPJS,berhak mendapatkan pelayanan yg sesuai dgn kelasnya.

Ditahun 2015 ini,jmlh relawan JAMKESWATCH bekasi sekitar 20 orang dari berbagai elemen buruh pabrik dan masyarakat umum eks buruh.
Sudah berpuluh-puluh kasus yg sudah ditanhani,baik secara langsung maupun tdk langsung.memang semua kasus yg ditangani kawan-kawan relawan jamkeswatch tdk semuanya berhasil maksimal.Terkadang beberapa kasus harus berakhir dengan air mata kesedihan,karena keterbatasan kawan-kawan relawan yg tdk bisa menjangkau daerah tertentu.
"Bagi kami,relawan JAMKESWATCH merasa senang,jikalau kasus yg ditangani berhasil dgn air mata bahagia.dan bagi kami merasa sedih jika pasien yg kami advokasi,harus berakhir dengan kesedihan.Kami pun mengadvokasi pasien,tdk dipungut biaya sepeserpun dari keluarga pasien.Pasien yg kami tangani bisa selamatpun kami dudah cukup bahagia".ujar bung ade lukman,saat dikonfirmasi mengenai JAMKESWATCH diRumah buruh.

Diharapkan diTahun 2017 nanti,ada wakil dari buruh yaitu bung OBON TABRONI ,untuk bisa menjadiBupati 2017.

Hal ini beralasan,karena bung Obon tabroni sendiri adalah pendiri sekaligus pembina adanya JAMKESWATCH.
Akan lebih mudah untuk mengontrol jalannya BPJS kesehatan,terutama rakyat bekasi,jangan sampai orang miskin ditolak dirumah sakit,hanya karena dia miskin.seperti yg terjadi dibekasi sekarang ini,pemerintah daerah terkesan lamban dan acuh terhadap perlakuan rumah sakit yg menolak pasien warga miskin karena tdk punya uang intuk berobat.

Bupati sekarang,sama sekali tdk pernah sidak rumah sakit,rumah sakit yg bermasalah. Jika kejadian tersebut sering diabaikan pemerintah,berapa nyawa yg hilang gara-gara warganya miskin,ysk mampu berobat untuk bayar rumah sakit.

Semoga kelak ada wakil dari buruh dan pembina JAMKESWATCH yaitu BUNG OBON TABRONI bisa menjadi Bupati bekasi periode selanjutnya ,agar tdk ada lagi yg mati sia-sia karena pasien miskin.aamiin.


Mohon dikoreksi jikalau ada kata2 yg tdk sesuai.

" untuk 1st ANNIVERSARY JAMKESWATCH"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar